Meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran seni musik pada musik tradisional menggunakan Model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan metode demonstrasi dan drill

Kondisi yang menjadi latar belakang adalah

  • Terdapat peserta didik tidak memperhatikan saat guru memberikan materi
  • Peserta didik hanya mengobrol dengan teman sebangkunya
  • Dalam proses pembelajaran hanya berpusat pada guru sebagai sumber belajar
  • Pada saat proses pembelajaran masih ada peserta didik yang tidak konsentrasi terhadap pelajaran karena sibuk bermain-main sehingga tidak mendengarkan penjelasan guru
  • Peserta didik hanya mendengarkan tanpa ada respon untuk menanggapi materi pelajaran yang di berikan oleh guru
    Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan model pembelajaran inovatif yang diimplementasikan guru di dalam kelas.

Menurut Rina Dwi Muliani dan Arusman, faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seorang peserta didik, seperti senang dan aktif saat mengikuti proses pembelajaran merupakan bentuk minat belajar karena keinginan peserta didik sendiri tanpa ada dorongan dari orang lain. Faktor eksternal merupakan faktor yang dipengaruhi dari luar misalnya faktor dari dukungan orang tua, dan lingkungan sekitar (Muliani, 2022)
Sumber :
https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran, yaitu :

  • Banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama seperti saya. Sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya pribadi juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain.
  • Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga perhatian peserta didik tidak bosan (Power point Berbasis Canva, Video Pembelajaran Audio Visual, dan Video Pembelajaran melalui platform Youtube)
  • Adanya penanaman karakter seperti disiplin dan kolaborasi.
  • Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang
    direncanakan.

Yang menjadi peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah

  • Sebagai guru atau fasilitator yang memiliki tanggung jawab terhadap peserta didik.
  • Menyusun rencana aksi meliputi RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian dan soal evaluasi.
  • Merevisi rencana aksi sesuai saran dari dosen pembimbing, guru pamong dan rekan sejawat.
  • Melaksanakan rencana aksi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Mendokumentasikan aksi dalam bentuk video, lalu melakukan editing video aksi.
  • Mengunggah video aksi baik yang tanpa edit maupun yang telah diedit ke google drive, kemudian tautan/link diunggah di LMS.
  • Melakukan refleksi setelah aksi selesai dilakukan.

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan :

  • Kurangnya kepercayaan diri peserta didik untuk bertanya.
  • Sulitnya mengimplementasikan sintaks pembelajaran dalam setiap aksi

Faktor penyebab percaya diri peserta didik rendah yaitu: dari dalam diri peserta didik yaitu ketidakmantapan akan kemampuan yang dimiliki dan dari luar yaitu belum ada stimulus berupa informasi yang masuk pada diri individu yang mengakibatkannya yakin atas potensi dirinya. Pada penelitian ini akan diatasi faktor penyebab yang dari luar yaitu dengan memberi informasi dan rangsangan agar peserta didik yakin bahwa dia memiliki potensi untuk berbicara di depan umum. (Setyaji, 2021)
Sumber :
http://dx.doi.org/10.32585/advice.v3i1.1431

Langkah – langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut :
Pendidikan seni musik di sekolah saat ini memiliki tantangan yaitu: 1) Pada siswa/anak ; artinya dilihat dari segi minat siswa terhadap metode pendidikan seni musik yang diperoleh. Artinya siswa tidak menemukan sesuatu yang menyenangkan/menarik; 2) Pada guru; guru tidak menciptakan pembelajaran musik suasana yang menarik dan menyenangkan; 3) Sarana dan prasarana ; minimnya sarana prasarana lembaga sekolah. (Rumapea, 2019)
Sumber :
https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.13168
Langkah-langkah yang ditentukan adalah :

  1. Memberikan pengarahan kepada peserta didik tentang kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Mengatur waktu dengan baik dengan mengedepankan rasa penuh tanggung jawab.
  3. Meminta dukungan kepada kepala sekolah agar pelaksanaan praktik berjalan dengan lancar.
  4. Berkoordinasi dengan guru mata pelajaran yang mempunyai jam mengajar di hari yang sama dengan kegiatan praktik ini, karena kegiatan ini mungkin mengganggu jam mengajar guru tersebut.
  5. Memotivasi peserta didik agar mengikuti pembelajaran dengan baik
  6. Meminta bantuan kepada rekan sejawat dalam merekam video praktik pembelajaran.

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan yaitu :

  • Terlaksananya semua tahapan kegiatan dalam pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun sebelumnya.
  • Peserta didik berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
  • Peserta didik aktif selama pembelajaran berlangsung.
  • Peserta didik aktif dalam berlatih menyanyikan lagu dua suara atau lebih secra berkelompok
  • Peserta didik lebih memahami materi yang dipelajari
    karena adanya bantuan media pembelajaran.

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif ? Mengapa ?
Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik sangat antusias, bersemangat dan berkonsentrasi saat proses pembelajaran berlangsung karena model pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik dan inovatif, sehingga peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan ?

  • Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  • Rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin menggunakan multimedia pembelajaran dan melaksanakan model pembelajaran inovatif yang telah saya laksanakan. Karena berdampak besar terhadap konsentrasi dan keaktifan belajar peserta didik.
  • Respon peserta didik sangat positif sehingga dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik.

Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu :

  • Dukungan dan bimbingan dari dosen pembimbing dan guru pamong serta rekan sejawat yang selalu memberikan motivasi serta saran yang mendukung kegiatan PPI ini
  • Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu memberikan fasilitas dan waktu dalam melaksanakan praktik ini.
  • Antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, meskipun kegiatan pembelajaran seperti ini baru mereka dapatkan.
  • Dapat mengantisipasi dan mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPI.
  • Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang telah direncanakan.
  • Melakukan refleksi setiap tahapan yang dilalui.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?

  • Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan menarik akan terus dikembangkan.
  • Menerapkan pembelajaran yang inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran sehari-hari.
  • Peserta didik lebih berminat, senang dan lebih konsentrasi apabila pembelajaran yang dilakukan menggunakan media multimedia dan tidak monoton.
  • Untuk melaksanakan proses pembelajaran sehari-hari lebih tertib dan terstruktur

Leave a Comment